Inovasi Kurikulum di SMK Bhakti Loa Janan

  • Marsinah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Kalimantan Timur (ID)
Keywords: Inovasi Kurikulum, Jenis dan Strategi Inovasi Kurikulum.

Viewed = 0 time(s)

Abstract

SMK Bhakti adalah sekolah  Pusat Keunggulan serta banyak mendapat prestasi dari tingkat kabupaten sampai dengan nasional bahkan ada juga yang sampai magang ke Jepang, banyaknya Perjanjian Kerja (PK) yang menawarkan diri serta menjalin kerja sama dengan dunia usaha serta dunia industri baik di tingkat provinsi sampai dengan tingkat internasional, hal ini guna mempersiapkan siswa-siswi agar terserap dalam dunia kerja nantinya sehingga ahli dibidangnnya masing-masing serta memaksimal potensi peserta didik sesuai dengan minat bakat, serta jurusan yang dipilih. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui jenis-jenis inovasi kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti Loa Janan, 2) Untuk mengetahui strategi inovasi kurikulum yang diterapkan di SMK Bhakti Loa Janan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam inovasi kurikulum yang di terapkan di SMK Bhakti sendiri terdapat dua unsur utama yaitu 1) jenis-jenis  inovasi kurikulum terdiri atas 4 jenis yakni inovasi kurikulum berbasis kompotensi siswa, inovasi kurikulum berbasis masyarakat, inovasi kurikulum berbasis terpadu dan inovasi kurikulum berbasis sikap. 2) Strategi inovasi kurikulum yang diterapkan terdapat 5 strategi yakni strategi persamaan persepsi, strategi fasilitas, strategi pendidikan, strategi bujukan dan strategi pelaksanaan. SMK Bhakti Loa Janan sesuai hasil penelitian merupakan sekolah yang memaksimal inovasi serta kreatifitas  dalam  mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal  sesuai dengan jurusan yang dipilih, menjamin tersedianya fasilitas serta guru yang profesional dalam memberikan pengajaran serta praktek terhadap siswa-siswinya.



References

Fatimah, I. F. (2021). STRATEGI INOVASI KURIKULUM. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412

Lince, L. (2022a). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Lince, L. (2022b). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Pudyastuti, E., Ginting, R. S., & Ginting, M. (2022). Sosialisasi Program SMK Pusat Keunggulan pada SMK Immanuel. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://www.jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/view/46

Putranto, I. (2017). PENGEMBANGAN MODEL KERJA SAMA LINK AND MATCH UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA BAGI LULUSAN SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI KOTA SEMARANG. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i1.10

Setiawan, N., & Sofyan, H. (2022). Implementasi kurikukum merdeka belajar di SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Taman Vokasi, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.30738/jtvok.v10i1.12114

Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), Article 1. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/896

Suryani, H., & Maida, A. N. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kompetensi Keahlian Desain dan Produksi Busana di SMKN 8 Makassar. SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 62, 1, 158–165. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.759

Utomo, S. T. (2020). INOVASI KURIKULUM DALAM DIMENSI TAHAPAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 3(1), 19–38. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1570

Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 584–591. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1041

Published
2024-03-03
Section
Articles
How to Cite
Marsinah, M. (2024). Inovasi Kurikulum di SMK Bhakti Loa Janan. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku2429