Praktik Memberikan Latihan Terbimbing kepada Siswa dalam Menentukan Volume Kubus dan Balok

  • Syahrullah Asyari Universitas Negeri Makassar (ID)
  • Muhammad Darwis M. Universitas Negeri Makassar (ID)
  • Ikhbariaty Kautsar Qadry Universitas Muhammadiyah Makassar (ID)
  • St. Nur Humairah Halim Universitas Muhammadiyah Makassar (ID)
  • Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar (ID)
Keywords: latihan terbimbing; kubus; balok

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Kegiatan ini didasari oleh adanya keinginan untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan guru di SDN No.111 Inpres Lassang 1 Takalar. Melalui praktik memberikan latihan terbimbing kepada siswa dalam menentukan volume kubus dan balok, penulis mendapatkan informasi tentang perkembangan dunia persekolahan. Guru pun mendapatkan informasi praktis memberikan latihan terbimbing kepada siswa. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan kepada kita bahwa praktik fase ketiga dalam model pengajaran langsung menuntut kesiapan pendidik, terutama pengetahuan konten dan pedagogis. Hal itu karena pendidik perlu, di antaranya, menguasai materi secara mendalam, mampu menyampaikannya dengan berbagai cara yang mudah dipahami oleh siswa, mampu mengelola kelas dengan baik, dan memastikan bahwa kebutuhan belajar setiap siswa terpenuhi. Dengan kata lain, kesiapan pendidik tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga keterampilan mengajar dan kemampuan berkomunikasi yang efektif. Hasil pelaksanaan juga menunjukkan bahwa siswa antusias dalam belajar menentukan volume kubus dan balok. Antusiasme ini terlihat dari keaktifan mereka dalam bertanya dan mencoba menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan. Selain itu, para guru juga merasa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, karena mereka dapat mengadopsi metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami konsep volume, tetapi juga meningkatkan kemampuan profesional para guru dalam mengajar. Kolaborasi antara penulis dan para guru diharapkan dapat berlanjut, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di SDN No.111 Inpres Lassang 1 Takalar. Hasil positif ini menjadi bukti bahwa praktik pengajaran yang baik dan dukungan yang tepat dapat membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran.



Published
2024-06-09
Section
Articles
How to Cite
Asyari, S., Darwis M., M., Qadry, I. K., Halim, S. N. H., & Nursakiah, N. (2024). Praktik Memberikan Latihan Terbimbing kepada Siswa dalam Menentukan Volume Kubus dan Balok. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27-34. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku2628