Pelatihan Keterampilan Membuat Produk Berorientasi STEM bagi Siswa SMA Luragung

  • Ina Setiawati Universitas Kuningan (ID)
  • Rahma Widiantie (ID)
  • Ilah Nurlaelah (ID)
  • Anna Fitri Hindriana (ID)
Keywords: Keterampilan membuat produk, STEM, Project

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini yaitu meningkatkan pemahaman siswa SMA Luragung tentang konsep-konsep STEM melalui aktivitas project berbasis proyek, serta mengembangkan keterampilan praktis siswa dalam merancang dan membuat produk berorientasi STEM, seperti membuat sabun dari abahn alamai ataupun dari limbah rumah tangga, membuat produk ekoenzim dari sampah organik, Ada beberapa metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PkM ini diantaranya; observasi, pelatihan terstruktur, penggunaan teknologi, monitoring dan evaluasi. Kegiatan project berbasis STEM yang dilaksanakan pada pengabdian Masyarakat ini memberikan hasil yang efektif dalam memfasilitasi siswa secara akademis maupun sofskill mereka. Sebanyak 75% siswa sudah mampu melakukan aktivitas project dan membuat produk berorientasi STEM dengan baik, namun 25% siswa  masih terkendala dalam hal waktu mengerjakan project serta membuat produk tersebut. Aktivitas project berbasis STEM ini membantu siswa-siswa dalam melatih keterampilan merancang project, keterampilan berkomunikasi serta kreativitas siswa dalam membuat produk yang bermanfaat serta memiliki nilai jual dimasyarakat.



References

Arsyam, M. (2020). Guru Seabagai Pilar PembangunanBangasa.https://api.semanticscholar.org/CorpusID:242801497
Astriani, D., Rosdiana, L., Nuril, A., Fauziah, M., & Purnomo, A. R. (2023). STEAM-Project Based Learning ( PjBL): Efforts to Train Critical Thinking Skills for Prospective Science Teacher. 9(10), 7909–7915. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.3823
Hafid, A. N., Amin, M., & Firdaus, F. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Literasi, HOTS Bagi Guru SD Mitra PGSD BONE. Publikasi Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:261144427
Hindriana, A. F., Abidin, Z., Arif, A. G., Setiawati, I., & Aziz, A. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(03), 344–354. https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i03.8887
Ina Setiawati, Rahma Widiantie, handayani, elsa, nanda. (2022). PENDAMPINGAN EKTRAKURIKULER KIR MELALUI PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS MINI-RISET. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 108–118. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526
Mangerang, F. (2023). Keterampilan Attending dalam Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa. IBTIDAI’Y DATOKARAMA: JURNAL PENDIDIKAN DASAR. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256354253
Mirzayanti, Y. W., Widjajanti, W. W., Yuliawati, E., Syamsuri, S., & Irawan, H. (2022). Edukasi dan Pendampingan Pengolahan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Masyarakat di Kampung Edukasi Sampah, Sekardangan, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265564516
Mubarok, M. S., Kurniasih, N., & Qomaruzzaman, B. (2023). Fasilitas Belajar, Teknologi Pendidikan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI: Menuju Pendidikan 4. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:265025945
Mulyati, Y., Damayanti, V. S., Sastromiharjo, A., Hidayatullah, A., Permana, I., Sulaiman, Z., & Sari, F. I. (2023). PELATIHAN LITERASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI KABUPATEN GARUT. Abdimas Galuh. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:263294307
Puspitoningrum, E., Resya, K. N. P., Syamsuri, S., Pratiwi, E. Y. R., & Mere, K. (2024). Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267288882
Setiawati, I., Widiantie, R., Hindriana, A. F., & Junaedi, E. (2024). Development of STEM-Based E-Modules on Freshwater Fisheries to Facilitate 21st Century Skills. 10(4), 1606–1614. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.6650
Sufirman, S., Dafik, D., & Fatahillah, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran RBL-STEM Untuk Meningkatkan Metaliterasi Siswa Menerapkan Konsep Relasi Fungsi Dalam Menyelesaikan Masalah Dekorasi Teselasi Wallpaper. CGANT JOURNAL OF MATHEMATICS AND APPLICATIONS. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251522209
Touwe, Y. S., Ramadhan, G. A., Yudaningsih, N., & Ruhita, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penguasaan Konten terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di Sekolah Menengah Atas di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan West Science. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266139020
Published
2024-12-15
Section
Articles
How to Cite
Setiawati, I., Widiantie, R., Nurlaelah, I., & Hindriana, A. F. (2024). Pelatihan Keterampilan Membuat Produk Berorientasi STEM bagi Siswa SMA Luragung. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 44-51. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku2899