Workshop Pembuatan Souvenir dari Bahan Upcycle bagi Anak Disabilitas di UPT SLB Negeri 1 Bulukumba guna Meningkatkan Keterampilan Vokasional

  • Sitti Masyitah Meliyana Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90223, Indonesia (ID)
  • Ansari Saleh Ahmar Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90223, Indonesia (ID)
  • Asmar Yunus Department of Accounting, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90222, Indonesia (ID)
  • Jamaluddin Department of Office Administration, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90222, Indonesia (ID)
Keywords: Upcycle, Keterampilan Vocational, Anak Disabilitas, SLB, Souvenir

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Workshop pembuatan souvenir dari bahan upcycle merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional anak dengan disabilitas. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT SLB Negeri 1 Bulukumba dengan fokus pada pengolahan bahan bekas menjadi produk kreatif dan bernilai ekonomi. Metode pelaksanaan meliputi pemberian materi dasar tentang konsep upcycle, pelatihan teknik produksi, dan pendampingan langsung selama proses pembuatan souvenir. Bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan yaitu dari bagian dari pohon kelapa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mampu memahami konsep upcycle dan menghasilkan produk kreatif yakni souvenir replika perahu pinisi. Selain meningkatkan keterampilan praktis, workshop ini juga memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri dan motivasi peserta dalam mengembangkan potensi diri. Program ini diharapkan menjadi model pemberdayaan yang dapat diterapkan di berbagai lembaga pendidikan khusus untuk mendukung kemandirian ekonomi anak disabilitas.



References

Amelia, E., & Azizah, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6128. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4180.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.
Chambers, R. (1994). Participatory Rural Appraisal (PRA): Challenges, potentials and paradigm. World Development, 22(10), 1253-1268.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
IDR. (2022). Paving the Way for Inclusive Vocational Education. Diakses dari https://idronline.org.
Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.
Knowles, M. S. (1984). The Adult Learner: A Neglected Species. Houston: Gulf Publishing.
Raut, S., Kumar, A., & Singh, P. (2020). Sustainable Vocational Education for Rural Youth. Journal of Sustainability and Innovation, 12(3), 245-258.
Shenoy, M. (2022). Multidisciplinary Approach for Children with Special Needs. Youth4Jobs.
Published
2024-12-05
Section
Articles
How to Cite
Meliyana, S. M., Ahmar, A. S., Yunus, A., & Jamaluddin, J. (2024). Workshop Pembuatan Souvenir dari Bahan Upcycle bagi Anak Disabilitas di UPT SLB Negeri 1 Bulukumba guna Meningkatkan Keterampilan Vokasional. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-39. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku3404