TOEFL Facilitation and Simulation for Senior High School Students throughout Pangkalpinang
Fasilitasi dan Simulasi TOEFL bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas se-Kota Pangkalpinang

Abstract
In the current era of globalization, English language skills are needed. The Test of English as a Foreign Language (TOEFL) is one of the instruments to measure English ability. The method used in this community service activity is a facilitation approach and TOEFL test simulation for High School, Vocational, and Islamic students throughout Pangkalpinang. This activity aims to equip and provide experience for students in facing the TOEFL test. Of the approximately 250 participants, almost 70% of the participants have never taken the TOEFL test at all. They do not know what the TOEFL test is and what materials are tested in the test. The test results showed that most of the participants still got TOEFL scores below 400, but some students got scores above 550. The location of this activity is at the Language Laboratory of the Atma Luhur Pangkalpinang Institute of Science and Business, which has a capacity of 24 seats and is equipped with the adequate equipment for the TOEFL test.
Abstrak
Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan. Test of English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan salah satu instrumen untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris tersebut. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah pendekatan fasilitasi serta simulasi tes TOEFL bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, Kejuruan, dan Madrasah Aliyah se-kota Pangkalpinang. Tujuan kegiatan ini yaitu membekali serta memberikan pengalaman bagi para siswa dalam menghadapi tes TOEFL. Dari sekitar 250 peserta, hampir sekitar 70% peserta belum pernah sama sekali mengikuti tes TOEFL. Bahkan, mereka tidak mengetahui apa itu tes TOEFL dan apa saja materi yang diujikan dalam tes. Hasil tes menunjukkan bahwa hampir sebagian besar peserta masih mendapatkan skor TOEFL di bawah 400, namun ada beberapa siswa yang mendapatkan skor di atas 550. Lokasi kegiatan ini bertempat di Laboratorium Bahasa Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur Pangkalpinang yang berkapasitas 24 kursi, serta di lengkapi dengan peralatan memadai untuk tes TOEFL.
References
Andika, M. (2022). Peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam menghadapi TOEFL Test. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: JUPADAI, 1(1), 98–104.
Halim, A. (2019). Upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang TOEFL di era Revolusi Industri 4 . 0 bagi siswa SMA di Samarinda. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 65–72. https://journals.umkt.ac.id/index.php/pesut/article/download/144/356
Idayani, A., Sailun, B., Febriani, M., & Riau, U. I. (2022). Pendampingan strategi mengerjakan soal TOEFL bagi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris FKIP-UIR. Jurnal Kreatif, 2(1), 1–8.
Ilham, Isnaini, Y., Irwandi, Lukman, & Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) bagi guru-guru pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715–725.
Mersianty, Damayanti, L., Isram, M., & Hartarto, E. (2018). Peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa-siswi SMKN 4 Balikpapan melalui TOEFL preparation class. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Indeks, 3(1), 7–10.
Solihati, T. A., Mukti, A. R., & Permadi, R. (2018). Strategi peningkatan keterampilan menyimak berekuivalensi TOEFL bagi siswa SMA sederajat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 121. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1688
Suningsih, S., Putri, L. A., Putri, R. M., & Sembiring, S. I. O. (2022). Pelatihan bahasa Inggris melalui Test of English as a Foreign Language (TOEFL) mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 143–149. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i3.1032
Copyright (c) 2023 Yudi Septiawan, Andreani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.