Toturial Instagram Reel Technical Guidance for Beginning Digital Preneurs in The Jagakarsa Area, Jakarta Selatan

Bimbingan Teknis Toturial Instagram Reel Bagi Para Digital Preneur Pemula di Daerah Jagakarsa Jakarta Selatan

  • Iswahyu Pranawukir Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Maria Jashinta Elisabet Hamboer Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Mayang Riyantie Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Romli Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Nur Desilawati Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Rezzi Nanda Barizki Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
  • Filda Angellia Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 (ID)
Keywords: Digipreneur , Digital, Instagram, Bisnis, Tekhnologi

Viewed = 0 time(s)

Abstract

The implementation of digital technology is intended to facilitate the process and minimize work time. Digital technologies used include websites, social media, OA (Office Automation), and other technologies. This digital technology is also very supportive of business activities. Talking about current technology, individuals and groups are emerging who are building independent entrepreneurs using digital technology, which we call Digital Preneurs or Digipreneurs. The use of technology that supports the performance and development of entrepreneurs run by these is very closely associated with the term Digipreneur. Increasing the business capacity of beginner Digipreneurs around Jagakarsa by utilizing and using social media, one of which is Instagram. Community Service is carried out using technical guidance/guidance methods. The results to be achieved from this activity later are increasing the knowledge and skills of the target audience in using Instagram reels to support entrepreneurial activities for beginner Digipreneurs.

Abstrak

 

Implementasi  teknologi digital bertujuan untuk memudahkan proses serta meminimalisir waktu kerja melalui alat bantu (tool). Teknologi digital yang digunakan antara lain website, media sosial, OA (Office Automation), dan teknologi lainnya. Teknologi digital ini juga sangat mendukung kegiatan berwirusaha (entrepreneur). Berbicara mengenai teknologi saat ini, bermunculan individu maupun kelompok yang membangun wirausaha mandiri dengan menggunakan teknologi digital yang kita sebut dengan Digital Preneur atau Digipreneur. Penggunaan teknologi yang mendukung kinerja dan pengembangan wirausaha yang dijalankan para  ini sangat erat dikaitkan dengan istilah Digipreneur. Peningkatan kapasitas bisnis para digipreneur pemula sekitar Jagakarsa dengan melalui pemanfaatan dan penggunaan media sosial  salah satunya adalah Instagram. Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan metode bimtek/bimbingan teknis. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini nantinya adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan target sasaran dalam pemanfaatan instagram reel untuk menunjang kegiatan wirausaha para digipreneur pemula.



References

Sahara, N. (2021). Sepanjang 2020, BI Catat Transaksi Digital Banking Capai Rp 2.774,5 Triliun. Retrieved April 18, 2021, from https://investor.id/finance/sepanjang-2020-bi-catat-transaksidigital-banking-capai-rp-27745-triliun
Sudirman, A. (Acai ), Alaydrus, S. (Syafika), Rosmayati, S. (Siti), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Nugroho, L. (Lucky), Arifudin, O. (Opan), … Rijal, K. (Khairul). (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from www.penerbitwidina.comIndonesia), A. (Asosiasi P. I. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia.
Apriyadi, Deni dkk. 2017. E-commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2 ISSN: 2580- 0760
Durdev, P B dan Maletic, V. 2011. Visual Impact of Graphic Information in the Package. Proceedings of Information Science & IT Education Coference (InSITE)
Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan Ecommerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis (Politeknik Negeri Sriwijaya). Edisi ke IV ISSN: 2085-1375.
Sukwadi, Ronald dkk. 2016. Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Online Shop Instagram. Jurnal Metris (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya). ISSN: 1411-3287 Taryadi dkk. 2015. Analisis Tingkat Kesiapan Adopsi E-marketpalce UMKM Batik di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Vol. 8
Published
2023-03-07
Section
Articles
How to Cite
Pranawukir, I., Hamboer, M. J. E., Riyantie, M., Romli, Nur Desilawati, Barizki, R. N., & Filda Angellia. (2023). Toturial Instagram Reel Technical Guidance for Beginning Digital Preneurs in The Jagakarsa Area, Jakarta Selatan: Bimbingan Teknis Toturial Instagram Reel Bagi Para Digital Preneur Pemula di Daerah Jagakarsa Jakarta Selatan. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 108-113. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang1323