Halal Certification Assistance and Marketing Management for Female Entrepreneurs Fatayat East Java

Pendampingan Sertifikasi Halal dan Pengelolaan Pemasaran bagi Pengusaha Wanita Fatayat Jawa Timur

  • Prawita Yani STIESIA Surabaya (ID)
  • Muktar Redy STIESIA Surabaya (ID)
  • Wawan Cahyo Nugroho STIESIA Surabaya (ID)
  • Fastha Aulia Pradhani STIESIA Surabaya (ID)
Keywords: SME, Halal, Marketing

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Community Service activities are carried out together with Fatayat East Java with the target of MSME womenpreneurs who are the backbone of their family's economy. These activities are carried out with the aim of providing training and knowledge to MSME entrepreneurs regarding halal certification materials and maximizing marketing management in order to increase business profitability in the future. The activity implementation method consists of four stages, consist of problem identification stage, the online and offline training stage, the offline mentoring stage after the training and online via the WhatsApp group and the online monitoring and evaluation stage by using WhatsApp group and offline activities after held the training. The expected output after the training is womenpreneurs can register for halal certification independently through SEHATI and maximize their marketing channels so that they can independently increase business profitability and in the end can contribute to improving the economy of the East Java region as a whole.

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan bersama dengan Fatayat Jawa Timur dengan target pengusaha wanita UMKM yang merupakan penopang perekonomian keluarganya. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelatihan dan  pengetahuan kepada pengusaha UMKM mengenai materi sertifikasi halal dan maksimalisasi pengelolaan pemasaran agar meningkatkan profitabilitas usaha di masa yang akan datang. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap identifikasi masalah secara offline, tahap pelatihan secara online dan offline, tahap pendampingan offline setelah pelatihan dan online melalui whatsapp group dan tahap monitoring dan evaluasi secara online melalui whatsapp group dan offline setelah pelatihan. Luaran yang diharapkan setelah mengadakan pelatihan ini adalah harapan agar pengusaha UMKM dapat melakukan pendaftaran sertifikasi halal secara mandiri melalui SEHATI dan memaksimalkan jalur pemasaran yang dipunyai sehingga bisa membantu untuk meningkatkan profitabilitas usaha dan pada akhirnya bisa berkontribusi pada  peningkatan perekonomian daerah Jawa Timur secara keseluruhan.



References

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277–286.
Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2015). Sertifikasi halal dan sertifikasi non halal pada produk pangan industri. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 15(2), 67–78.
Khairunnisa, H., Lubis, D., & Hasanah, Q. (2020). Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’ah, 8(2), 109–127.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.
Susila, M. R., & Pradhani, F. A. (2022). Analisis Pengaruh PDRB Per Kapita dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Jumlah Pendapatan Pajak Daerah Provinsi di Indonesia. JIAKu (Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan), 1(1 April), 72–87.
Widiastuti, A., & Silfiana, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Pulau Jawa. Jurnal Ekonomi-Qu, 11(1), 97–107.
Published
2023-05-17
Section
Articles
How to Cite
Yani, P., Muktar Redy, Nugroho, W. C., & Pradhani, F. A. (2023). Halal Certification Assistance and Marketing Management for Female Entrepreneurs Fatayat East Java: Pendampingan Sertifikasi Halal dan Pengelolaan Pemasaran bagi Pengusaha Wanita Fatayat Jawa Timur . Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 208-214. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang1691