Assistance in Reading the Al-Quran to Increase Motivation and Interest Student of TPQ As Salma Maronde

Pendampingan Membaca Al-Quran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Santri TPQ As Salma Maronde

  • Nur Syam Elementary School Teacher Education Study Program, Universitas Islam Makassar, Makassar, 90245, Indonesia (ID)
  • Syamsunardi Departmentof Geography, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90223, Indonesia (ID)
  • Erman Syarif Departmentof Geography, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90223, Indonesia (ID)
  • Sri Hastati Elementary School Teacher Education Study Program, Universitas Islam Makassar, Makassar, 90245, Indonesia (ID)
  • Jumriani Elementary School Teacher Education Study Program, Universitas Islam Makassar, Makassar, 90245, Indonesia (ID)
Keywords: Pendampingan; Motivasi; Minat.

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Assistance in reading the Al-Quran is a service to the community as an effort to implement the tri dharma of higher education. This is done to increase students' motivation and interest in reading the Al-Quran. The learning assistance method used is to provide direct learning assistance, namely community service program implementers, Ustadzah and students reading the Al-Quran directly and face to face. Assistance in reading the Al-Quran was carried out at TPQ As Salma Maronde. The mentoring process carried out went well and smoothly. The results obtained from assistance in reading the Al-Quran at TPQ As Salma Maronde are as follows: 1) Increasing motivation and interest in reading the Al-Quran for TPQ As Salma Maronde students, 2) Providing direct assistance to TPQ As Salma Maronde students in reading and writing Al- Quran, 3) Assistance in reading the Al-Quran is fun and can increase the motivation of the students.

Abstrak

Pendampingan membaca Al-Quran ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi serta minat santri membaca AlQuran. Metode pendampingan belajar yang digunakan dengan memberikan pendampingan belajar secara langsung, yakni para pelaksana program pengabdian kepada masyarakat, Ustadzah dan santri membaca Al-Quran secara langsung dan tatap muka. Pendampingan membaca Al-Quran ini dilakukan di TPQ As Salma Maronde. Proses pendampingan yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pendampingan membaca Al-Quran di TPQ As Salma Maronde sebagai berikut: 1) Meningkatkan motivasi dan minat membaca Al-Quran santri TPQ As Salma Maronde, 2) Pemberian pendampingan langsung kepada santri TPQ As Salma Maronde dalam baca dan tulis Al-Quran, 3) Pendampingan membaca AlQuran terasa menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi para santri.



References

Al Halim, A. A., & Nurul‘Azizah, W. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qo’idah Baghdadiyah Ma’a Juz ‘Amma (Turutan) Di Kelas 1A MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Tawadhu, 2(1), 490-504.

Departemen Agama RI. 2002. Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Jakarta: Pena Pundi Aksara

Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. El-Tarbawi, 1(1), 1-12.

Farida, U. (2017). Nilai-nilai Qur’ani dan internalisasinya dalam Pendidikan. QUALITY, 1(2).

Larasati, I. A. (2022). Model Penanaman Karakter Cinta Al-Qur'an Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Kedakwahan, 15(29), 45-64.

Lese, J. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Muhammadiyah 1 Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73-97.

Sapuroh, S. (2022). Efektivitas Ekstrakulikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di SMPN 9 Rejang Lebong. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 63-71.

Published
2023-09-29
Section
Articles
How to Cite
Syam, N., Syamsunardi, S., Syarif, E., Hastati, S., & Jumriani, J. (2023). Assistance in Reading the Al-Quran to Increase Motivation and Interest Student of TPQ As Salma Maronde: Pendampingan Membaca Al-Quran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Santri TPQ As Salma Maronde. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 323-326. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang2140