Training on The Implementation of Practical Field Experience (PPL) Based On Lesson Study to Teachers of PPG FKIP Untad Partner Schools In East Palu-Mantikulore District, Palu City

Pelatihan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study Kepada Guru-Guru Sekolah Mitra PPG FKIP Untad di Kecamatan Palu Timur-Mantikulore Kota Palu

  • Sri Mulyani Sabang Universitas Tadulako (ID)
  • Arwansyah Department of Chemistry Education, Tadulako University (ID)
  • Tahril Universitas Tadulako (ID)
  • Daud Karel Walanda Universitas Tadulako (ID)
  • Mery Napitupulu Universitas Tadulako (ID)
Keywords: lesson study, guru, pembelajaran, ppl

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Lesson Study is an approach to improving the quality of learning carried out by teachers collaboratively, with the main steps of designing learning to achieve goals, implementing learning, observing the implementation of the learning, and reflecting to discuss the learning studied and improve it and plan the next lesson. The main focus of implementing lesson study is student activities in class, with the assumption that student activities are related to teacher activities while teaching in class. In implementing PPL Education at UNTAD, the implementation of Lesson Study is integrated with the implementation of clinical supervision. The aim is to improve the quality of student learning outcomes and learning products. However, what is still experienced by the world of education today is that more than 50% of teachers do not understand and pay less attention to achieving and improving pedagogical and professional competence, including in schools in Palu City. To teach teachers to implement LS, it is not enough if teachers are introduced to what and how to implement it, but they also need to be introduced to why, what the long-term and short-term goals of implementation are. Teachers also need to be introduced to what the requirements are, what the difficulties and obstacles are in implementation, and that the main requirement for implementation is a commitment to benefit the nation's children. One of the critical characteristics of intelligent humans is that they not only know something but also how to respond and act on it.
Abstrak
Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendisukusikan pembelajaran yang dikaji tersebut dan menyempurkannya dan merencanakan pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan Lesson Study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. Dalam penyelenggaraan PPL Kependidikan di UNTAD, penerapan Lesson Study diintegrasikan dengan penerapan supervisi klinis. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan produk belajar siswa. Namun yang masih dialami oleh dunia pendidikan sampai saat ini adalah lebih besar 50% guru yang kurang memahami dan kurang memperhatikan pencapaian dan peningkatan kompetensi pedagogik dan professional, termasuk di sekolah-sekolah yang ada di Kota Palu. Untuk membelajarkan guru melaksanakan LS tidak cukup bila guru dikenalkan pada apa dan bagaimana melaksanakannya, tetapi juga perlu dikenalkan mengapa, apa tujuan jangka panjang dan jangka pendek pelaksanaan. Guru juga perlu dikenalkan pada apa persyaratannya, apa kesulitan dan hambatan pelaksanannya, dan bahwa persyaratan utama pelaksanannya adalah adanya komitmen untuk memaslahatkan anak bangsa. Salah satu ciri kritis manusia cerdas yakni tidak hanya mengetahui sesuatu tetapi juga bagaimana menanggapi dan menindaklanjutinya.



References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.
Alifa, D. M., Azzahroh, F., & Pangestu, I. R. (2018). Penerapan metode STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa sma kelas xi pada materi gas ideal. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 88–109.
Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani, S., & Wati, M. (2020). Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 149–163.
Anggara, R., & Chotimah, U. (2012). Penerapan lesson study berbasis musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap peningkatan kompetensi profesional guru PKN SMP se-kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(01), 107–203.
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25–33.
Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.
Fajrin, N. D., & Fisabilila, A. N. (2022). Penerapan Metode Lesson Study dalam Melatih Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD UTM.
Jumarniati, J., Kartika, D. M. R., & Baharuddin, M. R. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah program linear melalui lesson study. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 187–198.
Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan metode diskusi-presentasi dipadu analisis kritis artikel melalui lesson study untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11–14.
Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan Stem (Sains Teknologi Engineering Matematika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains.
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 448–453.
Published
2023-12-13
Section
Articles
How to Cite
Sabang, S. M., Arwansyah, A., Tahril, T., Walanda, D. K., & Napitupulu, M. (2023). Training on The Implementation of Practical Field Experience (PPL) Based On Lesson Study to Teachers of PPG FKIP Untad Partner Schools In East Palu-Mantikulore District, Palu City: Pelatihan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study Kepada Guru-Guru Sekolah Mitra PPG FKIP Untad di Kecamatan Palu Timur-Mantikulore Kota Palu. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 342-350. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang2190