Digital Literacy Training and Introduction to Artificial Intelligence Ethics to Realize Digital Literate Teachers

Pelatihan Literasi Digital dan Pengenalan Etika Kecerdasan Buatan untuk Mewujudkan Guru Melek Digital

  • M. Miftach Fakhri Universitas Negeri Makassar, Jl. A. P. Pettarani, Makasssar and 90222, Indonesia (ID)
  • Andika Isma Universitas Negeri Makassar, Jl. A. P. Pettarani, Makasssar and 90222, Indonesia (ID)
  • Wahyu Hidayat M. Universitas Negeri Makassar, Jl. A. P. Pettarani, Makasssar and 90222, Indonesia (ID)
  • Ansari Saleh Ahmar Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 90223, Indonesia (ID)
  • Dewi Fatmarani Surianto Universitas Negeri Makassar, Jl. A. P. Pettarani, Makasssar and 90222, Indonesia (ID)
Keywords: Artificial Intelligence, Digital Literacy, Teacher, Quizziz

Viewed = 0 time(s)

Abstract

The problems identified are the level of digital literacy that needs to be improved and the need for an understanding of AI ethics among teachers, which can hinder the education process in the digital era. The purpose of this service is to improve the digital competence and understanding of AI ethics of teachers, so that they can be more effective in teaching and guiding students towards responsible use of technology. Through an Action Research approach, the teachers were directly involved in the process of improving and developing their skills in digital literacy and scientific article writing. The methods used in this training involved lectures, discussions, and practical exercises using various interactive media such as Quizziz, videos, infographics, and educational games. The training was attended by 35 teachers on 4 March 2024. The results of the training showed a significant increase in participants' knowledge and skills related to digital literacy and AI ethics. In addition, there was a positive shift in attitudes towards the use of digital technology. The implication of the training results is the improvement of education quality in the participating schools, as more digitally literate teachers can be more effective in integrating technology in the learning process. In addition, these teachers can act as agents of change in society, helping to build a community of smart and responsible digital technology users.

Abstrak

Masalah yang diidentifikasi adalah tingkat literasi digital yang perlu ditingkatkan dan perlunya pemahaman etika AI di kalangan guru, yang dapat menghambat proses pendidikan di era digital. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi digital dan pemahaman etika AI para guru, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam mengajar dan membimbing siswa menuju penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Melalui pendekatan Action Research, para guru terlibat secara langsung dalam proses peningkatan dan pengembangan kemampuan mereka dalam literasi digital dan penulisan artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini melibatkan ceramah, diskusi, dan latihan praktis dengan menggunakan berbagai media interaktif seperti Quizziz, video, infografis, dan permainan edukatif. Pelatihan ini diikuti oleh 35 guru pada tanggal 4 Maret 2024. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta terkait literasi digital dan etika AI. Selain itu, terdapat pergeseran sikap yang positif terhadap penggunaan teknologi digital. Implikasi dari hasil pelatihan ini adalah peningkatan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah peserta, karena guru yang lebih melek digital dapat lebih efektif dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru-guru ini dapat berperan sebagai agen perubahan dalam masyarakat, membantu membangun komunitas pengguna teknologi digital yang cerdas dan bertanggung jawab.



References

Adawia, P. R., Wijayanti, D., Haryadi, E., & Yuliandari, D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Penangkal Berita Hoaks bagi Perangkat Desa. Info Abdi Cendekia, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33476/iac.v5i1.70

Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365

Asis Nojeng, Asri Ismail, M. Miftach Fakhri, Dary Mochamad Rifqie, & Muhammad Ansarullah S. Tabbu. (2023). PKM Pengembangan Literasi Digital: Membuat Cerita Rakyat Komik Digital Pada Kabupaten Majene. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 213–221. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.192

Bradley, E. H., Curry, L. A., Ramanadhan, S., Rowe, L., Nembhard, I. M., & Krumholz, H. M. (2009). Research in action: Using positive deviance to improve quality of health care. Implementation Science, 4(25). https://doi.org/10.1186/1748

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Fakhri, M. M., Rifqie, D. M., Ismail, A., Isma, A., & Fadhilatunisa, D. (2024). Peningkatan Literasi Digital dan Menulis Artikel Ilmiah Guru dengan Memanfaatkan Artificial Intelligence. Inovasi Pengabdian Masyarakat.

Fathahillah, F., Fakhri, M. M., & Ahmar, A. S. (2023). Analysis of Artificial Intelligence Literacy in the Blended Learning Model in Higher Education. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 566–575. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2049

Hamzah, A., & Basuki, U. J. (2022). Peningkatan Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoax bagi Guru SDN Teruman Bantul. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i2.168

Mailizar, M., Umam, K., & Elisa, E. (2022). The impact of digital literacy and social presence on teachers’ acceptance of online professional development. Contemporary Educational Technology, 14(4), 384. https://doi.org/10.30935/cedtech/12329

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Pahru, S., Pransisca, M. A., Rizal, S., Marzuki, A. D., Hadi, S., Gazali, M., Yuliani, M., & Habibi, M. R. (2022). Pendampingan Pembuatan Artikel Guru Sekolah Dasar Di Sdn 2 Ganti Kecamatan Praya Timur. DEVOTE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.55681/devote.v1i2.359

Rahayu, W., Sulaeman, E., Arnawisuda Ningsi, B., Arofah, I., & Akbari, W. (2023). Analisis kemampuan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengembangkan butir soal berbasis literasi numerik. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 10–18. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.30490

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Rochmayani, D. S. S., Zulaika, C., & Budiono, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Deteksi Dini Stunting Di Pg/Tk Al Azam Kelurahan Jatisari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya, 2(02), 26–35. https://doi.org/10.48186/abdimas.v2i02.309

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Soekamto, H., Nikolaeva, I., Abbood, A., Grachev, D., Косов, М., Yumashev, A., & Nikitina, N. (2022). Professional development of rural teachers based on digital literacy. Emerging Science Journal, 6(6), 1525–1540. https://doi.org/10.28991/esj-2022-06-06-019

Wibirama, S. (n.d.). Langkah-langkah Gunakan AI Apps Untuk Menulis Artikel Ilmiah.

Wulanjani, A. N., Arvianti, G. F., & Yunianti, S. S. (2022). Pelatihan Literacycloud.Org Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Para Guru Sd Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 501. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37444

Yudi Yunika Putra, & Adi Saputra. (2019). Workshop Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Nasional Guru SMP Pangkalpinang. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 207–215. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.16

Published
2024-03-29
Section
Articles
How to Cite
Fakhri, M. M., Isma, A., Hidayat M., W., Ahmar, A. S., & Surianto, D. F. (2024). Digital Literacy Training and Introduction to Artificial Intelligence Ethics to Realize Digital Literate Teachers: Pelatihan Literasi Digital dan Pengenalan Etika Kecerdasan Buatan untuk Mewujudkan Guru Melek Digital. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 38-47. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang2603