Building Motivation to Increase Interest in College for Makassar National High School Students
Membangun Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa SMA Nasional Makassar

Abstract
Student motivation and interest is one of the supporting factors that can encourage students to continue their education to college. There are many factors that cause students to decide not to continue or continue their education at university, including extrinsic and intrinsic factors. The aim of this service activity is to broaden students' insight into the importance of continuing their studies after they have completed their upper secondary education. The method used is delivery of material, discussion and questions and answers during service activities. The results of discussions and questions and answers found that students' motivation and interest were very influential in continuing their studies at university. The obstacles to students continuing their studies are caused by several factors, as well as students' lack of knowledge regarding scholarships that can be used when studying later, where certain universities provide low funding schemes and scholarship schemes.
Abstrak
Motivasi dan minat siswa merupakan salah satu faktor pendukung yang dapat mendorong siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Banyak faktor yang menjadi penyebab siswa memutuskan untuk tidak melanjutkan atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diantaranya yaitu adanya faktor ekstrinsik dan intrinsik. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini yakni, dapat menambah wawasan siswa tentang pentingnya melanjutkan kuliah setelah mereka menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas. Metode yang digunakan dengan penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab saat berlangsunganya kegiatan pengabdian. Hasil diskusi dan tanya jawab ditemukan bahwa motivasi dan minat siswa sangat berpengaruh untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Terkendalanya siswa melanjutkan studi disebabkan oleh beberapa faktor, serta kurangnya pengetahuan siswa terkait beasiswa yang dapat digunakan saat kuliah nanti masih minim, dimana beberapa perguruan tinggi tertentu menyediakan skema pembiayaan yang rendah dan skema beasiswa.
References
Basuki, K. (2019). Motivasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Aspek Softskill Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Endang Woro Kasih, E. N., Gulö, I., Sri Wahyuningsih, N., & Amalia Saadah, R. (2022). Motivasi Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Bagi Siswa SMA Desa Margosari. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 482–488. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i4.180
Lestari, L., & Sa`diyah, R. (2021). Minat dan Motivasi Belajar Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Daarul Qur’an Internasional. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15419
Mayasari, M. (2021). Laporan dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.24
P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Setyani, N. A., Sumaji, S., & Suhendar, U. (2022). Analisis Keterkaitan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Dalam Proses Pemahaman Konsep Matematika. Sepren, 4(01), 11–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.733
Then, W. (2020). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Harapan Bersama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 3(2), 1. https://doi.org/10.36279/apsmi.v3i2.76
Copyright (c) 2024 Inayanti Fatwa, Hasisa Haruna, Hariani Harjuna, Alfiah Nurfadhilah AM. Hindi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.