Strategies to Increase Income for Small and Medium Micro Businesses in the Middle of Pandemic COVID-19 in Mojokerto

Strategi Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tengah Pandemi COVID-19 di Mojokerto

  • Ika Widiastuti Universitas Krisnadwipayana, Bekasi, Indonesia (ID)
  • Pandu Adi Cakranegara Universitas Presiden, Jababeka, Indonesia (ID)
Keywords: Strategy, Income, SME, COVID-19

Viewed = 38 time(s)

Abstract

This article is motivated by COVID-19, which can affect the economy and MSMEs of the Mojokerto community. The research objective was to determine the community's strategies in Watespinggir Hamlet Mojokerto to survive and still earn income during the pandemic. The research method is descriptive qualitative, and the authors collect data by conducting interviews, discussions with business actors, and seeking information from other article sources. The results showed that business actors' efforts to increase an income such as studying more details about the technology, providing exemplary service to consumers, paying attention to the quality of goods to be sold to consumers. Also, selling products using e-commerce, adding services to consumers, digital marketing and optimizing marketing relationships with consumers, maintaining products, and protecting existing customers.

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi oleh COVID-19 yang dapat mempengaruhi perekonomian dan UMKM masyarakat Mojokerto. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh masyarakat di Dusun Watespinggir Mojokerto supaya dapat bertahan dan tetap mendapatkan penghasilan selama pandemi. Metode penelitian ialah kualitatif deskriptif, penulis mengambil data dengan melakukan wawancara, diskusi dengan pelaku usaha dan mencari informasi dari sumber artikel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pelaku usaha guna meningkatkan suatu pendapatan seperti mempelajari lebih detail tentang teknologi, memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen, memperhatikan kualitas barang yang akan dijual ke konsumen. Selain itu, penjualan produk dengan menggunakan e-commerce, penambahan layanan terhadap konsumen, digital marketing serta mengoptimalkan hubungan pemasaran dengan para konsumen, dan mempertahankan produk serta menjaga pelanggan yang sudah ada.



References

Chih-Cheng Lai, T.-P. S.-C.-J.-R. (2020). " Severe Acute Respiratory Syndrome Coronabirus 2 (SASR-CoV-2) and Coronavirus Sisease-2019 (COVID-19): The Epidemic and The Challenge".
David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.
Dwi Martani, dkk. 2014. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.
Freddy Rangkuti. 2006. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan
Internasional Journal of Antimicrobial Agents, 55. Hardilawati, W. L. (2020, Juni). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 (No. 1).
Mona, N. (2020, Januari-Juni). " Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2 (No. 2).
Nur Rohim Yunus, d. A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, Vol. 7 (No. 3).
Pakpahan, A. K. (t.thn.). Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Pratiwi, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, Vol. 4(No. 2).
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha , Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, Vol. 5 (No. 9).
Sarmigi, E. (2020). Analisis Pengaruh Covid-19 Terhadap Perkembangan UMKM Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Al - Dzahab, Vol. 1, 3.
Thaha, A. F. (2020, Juni). Dampak Covid- 19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand, Vol.2, 148.
Published
2021-02-09
Section
Articles