Recitation, Sports, and Reading: Building Housewives' Hopes Through a Digital-Based Al-Qura'n Education Park in Panrengnge, Sidrap

Mengaji, Olahraga, dan Membaca: Membangun Asa IRT Melalui Taman Pendidikan Al-Qura’n Berbasis Digital di Dusun Panrengnge Kabupaten Sidrap

  • Syafruddin Side Universitas Negeri Makassar (ID)
  • Sri Indriani (ID)
  • Armalinda Mohammad Adam (ID)
  • Puspitasari (ID)
  • Arika Dwi Angraeni Rasida (ID)
  • Ahmad Ali Ramli (ID)
Keywords: Mengaji, Olahraga, Membaca, IRT, Digital.

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Mengaji, Olahraga, dan Membaca: Membangun Asa IRT Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Digital atau disingkat dengan MOM Digital merupakan program yang dirancang untuk membantu ibu rumah tangga khususnya ibu rumah tangga di Dusun Panrengnge Kabupaten Sidrap untuk meningkatkan kemampuan mengaji, minat baca, dan kesadaran ibu rumah tangga dalam menjaga kebugaran jasmani melalui olahraga. Program ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem virtual-digital yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp, Zoom Meeting, MyQuran, dan Youtube. MOM Digital ini memiliki beberapa tahapan kegiatan yang dilaksanakan secara blended, yaitu kombinasi antara online dan offline. Adapun tahap kegiatan program ini adalah persetujuan dengan stakeholder, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Untuk tahap sosialisasi dilakukan secara online dan offline, pelatihan dilakukan secara offline dengan melakukan pertemuan tatap muka di Dusun Panrengnge Kabupaten Sidrap yang tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Kemudian untuk tahap pendampingan dan evaluasi dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Zoom Meeting, MyQuran, dan Youtube.



References

Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sma Negeri 1 Lubuklinggau. Diterima: 16 Mei, 31–2017. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/index
Gade, F. (2012). IBU SEBAGAI MADRASAH DALAM PENDIDIKAN ANAK. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1). https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.462
Kusumawati, M. (2014). Pengaruh Circuit Training Terhadap Daya Tahan Atlet Futsal Swap Jakarta Dalam Indonesia Futsal League (IFL) 2013. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 27–34. https://journal.ikippgriptk.ac.id › article › download
Nugraheni, D., Mabruri, Stanislaus, S., & Abstrak, I. A. (2018). EFEKTIVITAS MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEBUMEN. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Parhan, M. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dan Utama Bagi Anak Di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193
Sukendra, D. M. (2015). Efek Olahraga Ringan Pada Fungsi Imunitas Terhadap Mikroba Patogen : Infeksi Virus Dengue. In Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia (Vol. 5). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki
Zubaedi. (2019). Optimalisasi Peranan Ibu Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini Pada Zaman Now. Journal Of Early Childhood Islamic Education , 3(1), 49–63. https://www.kompasiana.com/hanifaturosyda/58386
Published
2022-03-25
Section
Articles
How to Cite
Side, S., Indriani, S., Adam, A. M., Puspitasari, Rasida, A. D. A., & Ramli, A. A. (2022). Recitation, Sports, and Reading: Building Housewives’ Hopes Through a Digital-Based Al-Qura’n Education Park in Panrengnge, Sidrap: Mengaji, Olahraga, dan Membaca: Membangun Asa IRT Melalui Taman Pendidikan Al-Qura’n Berbasis Digital di Dusun Panrengnge Kabupaten Sidrap. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 21-27. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang799