Efforts to Increase Students' Knowledge through Education about Dengue Fever
Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Melalui Edukasi Tentang Penyakit Demam Berdarah Dengue

Abstract
Dengue hemorrhagic fever (DHF) is also known as Dengue Hemorrhagic Fever (DHF), dengue fever (DF), dengue fever (DD), and Dengue Shock Syndrome (DSS). This disease can affect all ages, both children and adults. This community service was carried out with the aim of educating students about the importance of preventing DHF in the school environment. This counseling was carried out by a service team consisting of the Faculty of Medicine, Halu Oleo University along with students with an audience of 30 students from SMPN 20 Kendari. The results of measuring students' knowledge showed that there were differences in knowledge about DHF before and after counseling.
Abstrak
Demam berdarah dengue (DBD) dise-but juga Dengue Hemorrhagic Fever (DHF), dengue fever (DF), demam dengue (DD), dan Dengue Shock Syndrome (DSS). Penyakit ini dapat menyerang semua umur baik anak-anak maupun orang dewasa. PkM ini dilaksanakan bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya pencegahan DBD di lingkungan sekolah. Penyuluhan ini dilakukan oleh tim pengabdi yang terdiri atas Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo bersama mahasiswa dengan khalayak adalah siswa SMPN 20 Kendari sebanyak 30 orang. Hasil penguuran pengetahuan siswa menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan tentang DBD sebelum dan sesudah penyuluhan.
References
Alifariki, L O, M. 2017. Hubungan karakteristik kontainer dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di wilayah kerja Puskesmas Poasia Kota Kendari. Medula, 5(1), 388–393.
Analestariastuti, W. O., Bahar, H., & Tina, L. 2014. Perbedaan pengaruh penyuluhan kesehatan dengan metode cerita dan ceramah terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan siswa SD tentang penyakit DBD. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(1), 8–15.
Andriawan, F. R., Kardin, L., & HN, M. R. 2022. Hubungan Antara Status Gizi dengan Derajat Infeksi Dengue Pada Pasien Demam Berdarah Dengue. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 2(1), 178–185.
Bestari, R. S., & Ramanda, F. F. 2020. Penyuluhan Kesehatan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Demam Berdarah Dengue (DBD) Berpengaruh terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar (SD).
Hadi, C., Mula, K. Y., & Rahmah, Z. 2012. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Komik Tanggap DBD Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pencegahan Dbd Di Sdn Banjarejo Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Prosiding Seminas, 1(2).
Kusumawardani, E., Arkhaesi, N., & Hardian, H. 2012. Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan demam berdarah dengue pada anak. Fakultas Kedokteran.
Mangidi, M. A. G. T., Sunarsih, S., & Jayadipraja, E. A. 2019. Pengaruh pemicuan terhadap angka bebas jentik (ABJ) di Kelurahan Rahandouna Kota Kendari. Al-Sihah: The Public Health Science Journal.
Mustari, R., & Yurniati, Y. 2019. Hubungan Penyuluhan Kesehatan dengan Pengetahuan Remaja Tentang Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 27 Kota Makassar.
Nasution, S., Sadono, D., & Wibowo, C. T. 2018. Penyuluhan Kesehatan untuk Pencegahan dan Risiko Penyakit DBD dalam Manga dan Infografis. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 104–117.
Nurwahidah, N., & Noyumala, N. 2020. Pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa tentang pencegahan demam berdarah dengue. Jurnal Berita Kesehatan, 12.
Oroh, M. Y., Pinontoan, O. R., & Tuda, J. B. S. 2020. Faktor Lingkungan, Manusia dan Pelayanan Kesehatan yang Berhubungan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(3), 35–46.
Pangemanan, H. C., Kundre, R., & Lolong, J. 2016. Hubungan Tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Watutumou I, II & III Wilayah Kerja PUSKESMAS Kolongan. Jurnal Keperawatan, 4(2).
Rubandiyah, H. I., & Nugroho, E. 2018. Pembentukan kader jumantik sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa di sekolah dasar. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(2), 216–226.
Copyright (c) 2022 La Ode Alifariki, Adius Kusnan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.