Mendeley Desktop Training as a Reference Tool in Writing Scientific Papers for Comunnity of Literasi Muda Pekanbaru

Pelatihan Mendeley Desktop Sebagai Referensi Alat Dalam Menulis Karya Ilmiah Untuk Komunitas Literasi Muda Pekanbaru

  • Muthia Anggraini Universitas Lancang Kuning (ID)
  • Virgo Trisep Haris Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning, Jl.Yos Sudarso, Pekanbaru 28265, Indonesia (ID)
  • Alfian Saleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning, Jl.Yos Sudarso, Pekanbaru 28265, Indonesia (ID)
Keywords: Pelatihan, Mendeley, Tugas Akhir, Karya Ilmiah

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Higher education has a target to appear to be the best and advance in the world of education and society. The indicators seen are from the work produced by lecturers and students. Writing that produces scientific work is one of them. partners who are members of the Pekanbaru Young Litersi community have difficulty in making a Final Project which will be published in the form of an article. The difficulty is in managing to reference sources because they are not careful in including citations, and the difficulty in using the Mendeley application. The service team helps partners by providing training on the use of the Mendeley desktop. 31 participants are final year students from the Civil Engineering and Electrical Engineering Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru. 100% of participants have not been able to use this application. 67.47% of participants had never heard of Mendeley. 80.64% of participants don't know what Mendeley is. In conclusion, There has been an increase in partner understanding of the Mendeley app and its use. 100% of participants understand and can use the Mendeley application based on the distribution of the questionnaire given.

Abstrak

Perguruan Tinggi mempunyai target untuk tampil menjadi yang terbaik dan maju dalam dunia pendidikan dan masyarakat. Indikator yang dilihat adalah dari karya yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa. Tulisan yang menghasilkan karya ilmiah merupakan salah satunya. Mitra yang tergabung dalam komunitas Litersi Muda Pekanbaru mengalami kesulitan dalam membuat Tugas Akhir yang nanti dipublikasikan dalam bentuk artikel. Kesulitannya adalah dalam mengelola sumber referensi karena kurang teliti dalam mencantumkan kutipan, dan kesulitan menggunakan Mendeley desktop. Tim pengabdian membantu mitra dengan memberikan pelatihan penggunaan Mendeley desktop. Peserta berjumlah 31 orang yang merupakan mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru. 100% peserta belum bisa menggunakan aplikasi ini. 67,47% peserta tidak pernah mendengarkan tentang Mendeley. 80,64% peserta belum mengetahui apa itu Mendeley. Kesimpulannya Terjadi peningkatan pemahanan mitra tentang aplikasi Mendeley dan penggunaannya. 100% peserta memahami dan bisa menggunakan aplikasi Mendeley berdasarkan penyebaran kuisoner yang diberikan.



References

Anggraini, M., & Alfian Saleh. (2021). Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1413–1420.
Effendi, M. M., & Susanti, R. D. (2022). Utilization Of the Mendeley Application as Reference Manager For High School Teachers. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2020). Pendampingan Dan Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Mendeley Bagi Guru Sekolah Menengah Di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 48–59.
Imam, M., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia ( STIE-PI ) Makassar Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar, 414–417.
MacMillan, D. (2012). Mendeley: Teaching scholarly communication and collaboration through social networking. Library Management, 33(8), 561–569.
Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.
Suswandari, M., Siwi, D. A., Mahendra, M., & Mulyati, S. (2020). Mendeley Dekstop Training For Improving Elementary School Teacher Competence In SDN 1 Wadunggates Klaten. International Journal of Public Devotion, 3(1), 14.
Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Pelatihan Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.
Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145.
Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36.
Published
2022-06-16
Section
Articles
How to Cite
Muthia Anggraini, Haris, V. T., & Saleh, A. (2022). Mendeley Desktop Training as a Reference Tool in Writing Scientific Papers for Comunnity of Literasi Muda Pekanbaru: Pelatihan Mendeley Desktop Sebagai Referensi Alat Dalam Menulis Karya Ilmiah Untuk Komunitas Literasi Muda Pekanbaru. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 157-163. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang820