MSME Development Strategy in Central Maluku Regency

  • Ratih Fitriyanti Djalangkara Universitas Pattimura (ID)
  • Erly Leiwakabessy Universitas Pattimura (ID)
  • Maryam Sangadji Pattimura University (ID)
  • Fahrudin Ramly Universitas Pattimura (ID)
Keywords: Development, Aggressive strategy, SWOT, MSMEs

Viewed = 0 time(s)

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are one of the economic sectors that can support the regional and national economy. In addition to having a contribution to GDP, it can also absorb labor. The condition of MSMEs in Central Maluku still has various weaknesses such as capital, marketing and human resources, so there needs to be an appropriate development strategy. The purpose of this study is to determine the development strategy of MSMEs so that their contribution to the economy can be more optimal. The method used is the SWOT method which identifies various strengths, and weaknesses owned as well as opportunities and threats faced. The results showed that the right strategy to develop MSMEs in Central Maluku Regency is an aggressive strategy or growth strategy



References

Adnyani.N.K.S dan Agustini, D.A.E, 2020, Digitalisasi Sebagai Pemulihan Perekonomian di Sektor Kerajinan dalam Mendukung Kebangkitan UMKM di Provinsi Ba, li, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Medeia Ganesha PHIS, Vol. 1, No. 2, 87 – 96.

Ahmadi, R.S, dkk., 2020, Peningkatan Volume Penjualan pada UMKM Industri Kreatif Makanan, Minuman Melelaui E-Commerce di Kota Bandung, Sosiohumaniora: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 22, No. 2, 172 – 180.

Amalia, M. S., & Arif, M. 2023, Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM) yang Dilakukan Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Labuhanbatu dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar. VISA : Journal of Visions and Ideas, 2(3), 260–271.

Cahyanti, M.M dan Anjaningrum, W.D., 2017., Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol. 11, No. 2, 73 – 79.

Cahyono, W.E dan Kunhadi, D, 20220, Strategi Pengembangan UKM Gethuk Pisang Guna Melestarikan Makanan Tradisional, Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, Vol. 4, No. 1, 10 – 17.

Diana, R. 2019, Analisis Aksesibilitas Permodalan Usaha Mikto Kecil dan Lembaga Keuangan Formal di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 27(1), 67–80,

Hendrawan E dan Halim, P.A, 2023, Online Marketing Strategy in Increasing Sales Omzet Through The Salapak Program at the K-UMKM Service Bandung, Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol. 4 No. 4, 4110 – 4117.

Indrasmitha, G, dkk, 2022, Pengaruh Metode Marketing online dan offline Terhadap Peningkatan Omzet UMKM pada Situasi Pandemi Covid-19, Jurnal Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), Vol. 13, No. 1, 95 – 104.

Ireland, D.W dan Webb, J., 2006., Strategic Enterpreneurship: Creating Competitive Advantage Through Stream if Innovation, Business Horizon, Vol. 50, 49 – 59

Kurniasari, R.D dan Utama, A., 2018., Pengaruh Inovasi Produk, Kreatifitas Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Encing Gondok, AKAR: Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), Vol. 7, No. 5, 467 – 477.

Lewaherilla, N.C, dkk. 2021, Strategi Pengelolaan Usaha Kecil di Masa Pandemi Covid 19 Desa Waai Kabupaten Maluku Tengah. Communnity Development Journal, 2(2), 338–342.

Ma’ruf, A., 2022, Analisis Strategi, Penerbit, Andi, Yogyakarta.

Metekohy, S., 2013., Pengaruh Strategi Resources-Based dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kecil dan Usaha Mikro (Studi Pada Usaha Jasa Etnis Maluku) Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 11, No. 1, 12 – 20.

Mulawarman, 2007, Melampui Pihak Keberpihakan Pada UMKM atau Ekonomi Rakyat, Makalah Seminar Regional Tinjauan Kritis RUU Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Oleh Puskopsyah BMT Wonosobo, tanggal 28 Agusuts 2007.

Murwadji, T. 2022, Analisis Yuridis Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK ) Melalui Pembiayaan di Marketplace. Juris and Society: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1–15.

Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Putranto, F. F. dkk, 2019, Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Kota Samarinda. Riset Inossa, 1, 13–27.

Siagian, S.P, 2018, Administrasi Pembangunan, Bandung, Bumi Aksara.

Sevana, F., et. al., 2022, Pengaruh Metode Penjualan, Modal dan Tenaga Kerja Terhadap Omzet Penjualan Selama Pandemi Covid-19, Prosiding Nasional on Accounting UKMC, Vol. 1, No. 1, 394 - 4040.

Published
2024-03-12
Section
Articles
How to Cite
Djalangkara, R. F., Leiwakabessy, E., Sangadji, M., & Ramly, F. (2024). MSME Development Strategy in Central Maluku Regency. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 4(2), 290-295. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku2460